Minggu, 18 Juni 2017

Apakah Manfaat dan Bahaya Makan Ceker Ayam Bagi Kesehatan


 CEKER AYAM !...



Apakah anda adalah salah satu penggemar makanan satu ini? Cekar ayam bisa dimasak sebagai campuran sup, makanan pedas dan sebagainya. Sebegian dari Anda mungkin ada juga yang kurang suka dengan makanan satu ini. Beberapa mitos yang menyebutkan bahwa dengan makan ceker ayam tulisan kita akan jelek. Tak heran jika ada beberapa orang yag tidak suka makanan ini karena takut tulisan tangannya menjadi jelek.

Tapi tahukah Anda apa manfaat dan bahaya ceker ayam bagi kesehatan?

Selain enak ternyata ceker ayam ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, terutama sumsum tulangnya. Berikut adalah beberapa nutrisi yang dapat Anda dapatkan dari kandungan tulang ceker ayam ini, ialah :

  1. Asam hialauronat. Senyawa ini dapat mendukung kesehatan jaringan, seperti peremajaan sel dan kekuatan sel kulit.
  2. Mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium dan fosfor. Mineral-mineral ini penting dalam mendukung sirkulasi darah yang sehat, kepadatan dan kesehatan tulang, kesehatan pencernaan, kesehatan saraf, dan kesehatan jantung.
  3. Kolagen. Memiliki kadar kolagen yang tiggi, berperan penting untuk membantu menjaga kesehat kulit, melindungi lapisan cerna, memperkuat struktur tulang dan memperkuat struktur pembuluh darah.
  4. Glukosamin  dan Kondroin sulfat. Dapat menompang kesehatan sendi, mendukung respon peradangan, kesehatn kulit dan jantung.


Anda juga harus mengetahui, selain  memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat . Ternyata ceker ayam ini juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Karena kandungan lemak jenuh yang tinggi ini dapat meningkatkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Sehigga dapat menyumbat pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jatung. Akhirnya, anda beresiko terkena penyakit jantung.


Diketahui bahwa 100 gr ceker ayam mengandung lemak jenuh sebesar 3,9 gr atau sebanding dengan kebutuhan lemak jenuh per hari orang dewasa. Selain itu, 100 gr ceker ayam juga mengandung kolestrol sebanyak 84 mg atau sebanding dengan kebutuhan kolestrol per hari bagi orang dewasa. 

Memakan ceker ayam terutama kulitnya dengan tidak terlalu sering da terlalu banyak merupakan hal baik agar terhindar dari kemungkinan terkena bahaya kandungan ceker ayam bagi kesehatan, namun tetap mendapatkan nutrisinya yang juga sangat baik bagi kesehatn tubuh kita. Selain itu, Untuk mendapatkan semua manfaat yang terkandung dalam ceker ayam, Anda juga harus bisa memeperhatikan saat memilih ayam yang berkualitas baik dan bukan ayam yang telah disuntik hormon atau antibiotik, karena ini bukan pilihan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar